Bubur yang diberikan untuk bayi adalah bubur lembut yang dicampur dengan susu. Bubur menggunakan tepung beras yang siap beli atau dibuat sendiri.
Jika hendak membuat sendiri, caranya cuci beras, lalu rendam selama satu jam. Setelah ditiriskan, tumbuk sampai halus. Proses penghalusan beras juga dapat menggunakan blender atau food processor.
Penting untuk diketahui :
- Penambahan gula pasir, garam, zat aditif makanan, dan madu perlu dihindari untuk bayi berusia 6-9 bulan. Sebab dapat memperberat kerja ginjal, liver dan pankreas.
- Penggunaan gula merah dianjurkan hanya 1 gram per porsi makanan.
- Istilah-istilah yang digunakan sdm (sendok makan) ml (mililiter)

BUBUR SUSU MANIS
Bahan: 3 sdm tepung beras halus; 200 ml susu formula
Cara Membuat: Larutkan tepung beras halus dengan susu formula, aduk sampai rata. Panaskan dengan api kecil sambil diaduk sampai kental dan matang (sampai meletup-letup). Angkat, lalu aduk-aduk sampai asapnya hilang dan panasnya berkurang. Tuang ke dalam mangkuk bayi, sajikan.

BUBUR SUSU KACANG HIJAU
Bahan: 80 gram kacang hijau kupas (jika hanya tersedia kacang hijau berkulit, rendam sampai mengembang, lalu kupas kulitnya); 200 ml susu formula; 1 gram gula merah (iris halus)
Cara Membuat: Haluskan kacang hijau kupas dengan blender atau food processor. Campur dengan susu formula, lalu aduk sampai kacang hijau larut. Tambahkan irisan gula. Panaskan dengan api kecil sambil diaduk sampai bubur matang dan kental. Jika terlalu kental, tambahkan sedikit air panas. Angkat, lalu aduk-aduk sampai asapnya hilang dan panasnya berkurang. Tuang ke dalam mangkuk bayi, sajikan.

BUBUR SUSU SAYURAN
Bahan: 3 kuntum brokoli rebus; 1 sdm wortel parut rebus; 200 ml susu formula;  1 sdm tepung beras halus
Cara Membuat: Haluskan brokoli dan wortel parut yang sudah direbus dengan blender atau food processor, tambahkan sedikit air matang. Campur dengan tepung beras halus, lalu cairkan dengan susu formula. Panaskan dengan api kecil sambil diaduk sampai bubur matang dan kental. Angkat, lalu aduk-aduk sampai asapnya hilang dan panasnya berkurang. Tuang ke dalam mangkuk bayi, sajikan.

BUBUR SUSU KENTANG
Bahan: 1 buah kentang, rebus lengkap dengan kulitnya; 100 ml susu formula;  75 ml air matang; 1 sdm tepung beras halus
Cara Membuat: Kupas kentang rebus, kemudian haluskan dengan blender atau food processor. Campur dengan susu formula dan air matang. Tambahkan tepung beras halus, aduk sampai semua bahan tercampur rata. Panaskan dengan api kecil sambil diaduk sampai bubur matang dan kental. Angkat, lalu aduk-aduk sampai asapnya hilang dan panasnya berkurang. Tuang ke dalam mangkuk bayi, sajikan.

BUBUR SUSU BAYAM WORTEL
Bahan: 1 genggam daun bayam, rebus; 1/2 buah wortel muda, rebus; 100 ml susu formula;  100 ml air matang; 1 sdm tepung beras halus
Cara Membuat: Masukkan daun bayam, wortel, susu formula dan air matang ke dalam blender.  Proses sampai halus, lalu tambahkan tepung beras halus. Panaskan dengan api kecil sambil diaduk sampai bubur matang. Angkat, lalu aduk-aduk sampai asapnya hilang dan panasnya berkurang. Tuang ke dalam mangkuk bayi, sajikan segera.
Catatan: bubur ini haus segera diberikan pada bayi, karena penggunaan bayam dalam menu ini tidak dapat didiamkan dan dipanaskan. Bayam yang teroksidasi oleh udara akan menjadi racun bila dikonsumsi tubuh.

About these ads